Friday 31 October 2008

Bahasa Indonesia

ya...Bahasa Indonesia...

hari ini aku membaca bahasan mengenai topik ini di salah satu milis yang aku ikuti...dan karena keterbatasan waktu (dikejar-kejar tugas...halah..) aku sama sekali tidak ikut berpartisipasi dalam topik ini, hanya membaca setiap respon yang masuk dari anggota milis yang menurutku sedang mempunyai kesempatan untuk berdiskusi.

rasanya tergelitik saat membaca tulisan dari seorang teman, yang mencoba mengingatkan betapa kita (aku-red) sering menggunakan bahasa yang bukan bahasa Indonesia. kenapa aku bilang bukan bahasa Indonesia? ya karena bahasanya campur-campur..lihat saja postingan aku di blog ini sebelumnya..bahasnya amburadul..hancur..dibilang bahasa Indonesia bukan..Inggris bukan..Jawa juga bukan...lantas bahasa apa dong? halah pakai dong...ya itu bahasa yang ga jelas, yang sekarang dianggap sebagai bahasa yang benar...huehehe..binun niy...

dari respon teman-teman yang aku baca di milis, ada yang mengakaitkan cara berbahasa seseorang dengan national dignity yang dimiliki orang itu...ada juga yang mengkaitkannya dengan pengaruh-pengaruh yang berasal dari kelompok lain...
apapun itu analisanya..aku respek dengan pendapat mereka...
aku hanya mau sampaikan satu hal..meskipun bahasa Indonesiaku tidak benar dan baik, tapi aku selalu berusaha untuk menggunakannya dengan baik...tidak peduli seberapa besar kemudian orang menilai nasionalitasku...hanya aku yang tau mengenai itu dan cukup aku saja yang tau apa yang aku lakukan dalam rangka mencintai Indonesiaku ini...

No comments:

Post a Comment